Tips Rambut Sehat Bebas Kutu

Tips Rambut Sehat Bebas Kutu – Meski Kutu bukanlah hewan yang mematikan, tetapi kehadirannya bisa membuat kepala tak nyaman dan kehilangan rasa percaya diri. 😮 Karenanya, kutu kepala harus diobati secara efektif untuk mencegahnya kembali.

Jika Anda menemukan anak kutuan, hal paling bijaksana untuk dilakukan adalah memeriksa semua orang rumah dan mencuci semua sprei dan handuk dengan air panas.

“Mandi air panas dan sampo yang keras tidak akan menyelesaikan masalah. Orangtua yang menemukan kutu atau telur kutu harus memeriksa semua orang di rumah, juga mencuci semua seprei dan handuk dalam air panas,” ujar Stoppard dalam bukunya “Panduan Kesehatan Keluarga”.

Selain berwaspada terhadap orang rumah dan lingkungan sekitar rumah, atasi kutu yang hinggap di kepala Anda atau anak dengan menggunakan sisir sirkam.

“Senjata pertama dan paling penting melawan kutu kepala adalah sirkam bergigi rapat, sering kali disebut sisir kutu karena gigi-giginya demikian rapat sehingga bisa mengangkat telur kutu,”

Lebih lanjut, Stoppard menjelaskan, bahwa Anda sebaiknya menggunakan sirkam plastik, bukan logam. Sebab, sirkam plastik lebih mudah dibersihkan dan kemungkinan lebih kecil tersangkut di rambut.

Gunakan sirkam setiap kali Anda keramas atau mengeramasi anak. Namun, gunakanlah banyak kondisioner setelah sampo. Penggunaan kondisioner menjadikan prosedur menyisir menjadi mudah dan tidak menyakitkan (rambut tidak kusut), dan kutu pun bisa terlepas dari rambut yang licin.

Stoppard mengingatkan, semua sisir dan handuk harus dicuci dalam air panas setelah digunakan untuk menghindari reinfestasi.

 

Baca Juga :

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: